Tips Pilih Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

By | November 24, 2019

Memilih asuransi pendidikan terbaik untuk anak adalah hal penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap orang tua. Di jaman yang sudah maju seperti ini, pendidikan menjadi salah satu bekal untuk anak untuk menuju mimpinya yang besar. Mimpi bisa tercapai dengan terpenuhinya kebutuhan pendidikan.

Seperti yang Anda tahu, biaya pendidikan semakin hari semakin mahal saja. Itulah mengapa asuransi pendidikan terbaik sangat penting dipertimbangkan mulai dari sekarang. Setiap keluarga yang memiliki anak pasti ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik. Bagaimanapun juga, pendidikan menjadi instrument terpenting untuk menggapai sebuah impian besar.

Tips Pilih Asuransi Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Untuk dapat menunjang pendidikan anak di masa akan datang, maka asuransi untuk pendidikan penting untuk Anda pilih. Kini, banyak penyedia layanan asuransi yang memberikan penawaran yang menarik untuk para nasabahnya. Sebagai nasabah yang cerdas, maka Anda harus benar-benar mempertimbangkan segala sesuatunya sebelum memilih asuransi pendidikan.

Sebenarnya, asuransi pendidikan anak adalah suatu produk asuransi yang memang dikhususkan untuk melindungi dana untuk pendidikan anak. Jika pencari nafkah dalam keluarga memiliki suatu hal yang tidak diinginkan seperti sakit yang kritis bahkan meninggal dan membuat penghasilan terhenti, maka biaya asuransi dapat mengcover biaya pendidikan anak

Meskipun orang tua sakit kritis bahkan meninggal, anak harus tetap melanjutkan pendidikannya. Ini akan membuat mereka lebih kuat dan maju dalam menatap masa depan. Seiring berkembangnya produk asuransi yang beredar di masyarakat, maka Anda harus lebih paham tentang asuransi terbaik yang harus Anda pilih.

Jenis Asuransi Pendidikan Anak

Sebelum tahu lebih lanjut tentang tips mencari asuransi pendidikan anak terbaik, maka akan lebih baik untuk mengetahui jenis-jenis asuransi pendidikan. Setidaknya, terdapat 3 jenis asuransi pendidikan yang bisa Anda pilih.

  1. Asuransi Dwiguna

Jenis asuransi pendidikan pertama adalah asuransi dwiguna. Produk asuransi ini adalah produk asuransi dengan asuransi tabungan di dalamnya. Tabungan yang terdapat di dalam asuransi bisa menjadi jaminan pendidikan. Asuransi ini bisa digunakan jika suatu resiko terjadi. Namun, asuransi tidak bisa digunakan jika suatu resiko tidak terjadi. Untuk informasi bagi Anda bahwa jumlah tabungan yang akan dijamin tidak besar, jadi Anda harus berjaga-jaga dengan membuat tabungan lainnya.

  1. Asuransi berjangka

Asuransi kedua yang bisa dipilih adalah asuransi berjangka. Asuransi berjangka merupakan salah satu asuransi di mana orang tua mempersiapkan dana pendidikan untuk putra-putri mereka. Asuransi berjangka ini memiliki tujuan untuk melindungi dana pendidikan anak jika pencari nafkah keluarga sakit keras bahkan sampai meninggal dunia.

  1. Asuransi Utilink

Jenis ketiga adalah asuransi pendidikan utilink. Jenis asuransi ini jarang digunakan. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan asuransi pendidikan dalam jenis asuransi ini tidak dijamin. Sangat mungkin sekali bagi pengguna asuransi mengalami kerugian jika memilih asuransi pendidikan jenis ini

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Setelah mengetahui tentang jenis-jenis asuransi pendidikan, kini saatnya bagi Anda untuk mencari tahu tips menarik untuk mendapatkan asuransi yang terbaik untuk anak. Untuk memilih jenis asuransi pendidikan yang tepat, simaklah beberapa tips di bawah ini.

  1. Hitunglah besar dana pendidikan yang dibutuhkan

Sebelum memilih jenis dan produk asuransi, Anda harus menghitung terlebih dahulu biaya pendidikan yang kira-kira Anda butuhkan. Hitunglah biaya pendidikan anak hingga dia mencapai pendidikan tinggi, bahkan mencapai perguruan tinggi. Pikirkan, di mana kira-kira Anda akan menyekolahkan anak Anda nantinya. Dengan demikian, Anda bisa menghitung dengan kira-kira jumlah dana yang dibutuhkan. Ini adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk memilih asuransi pendidikan yang tepat. Jika Anda sudah mengetahui seberapa besar dana yang Anda butuhkan, maka yang harus Anda lakukan sekarang adalah mengasuransikan biaya pendidikan anak. Rencanakan mulai dari anak masih kecil, bahkan ketika anak belum sekolah.

  1. Evaluasi pendapatan Anda

Setelah Anda selesai menghitung biaya pendidikan anak hingga tamat, maka tips berikutnya dalam memilih asuransi pendidikan adalah dengan melakukan evaluasi dari keuangan yang Anda miliki. Mengevaluasi keuangan yang Anda miliki adalah salah satu hal yang dapat mencegah ketiadaan dana ketika waktu membayar premi sudah tiba. Dari perencanaan dana yang telah dilakukan, maka Anda sudah bisa menghitung besar dana yang kira-kira Anda butuhkan, dan menghitung tabungan yang harus Anda kumpulkan dalam setiap bulannya. Besarnya biaya pertanggungan asuransi pendidikan sama dengan besarnya kebutuhan dana pendidikan ketika resiko terjadi. Dengan demikian, ketika resiko yang tidak diharapkan terjadi, anak Anda masih bisa mengenyam pendidikannya. Ada dua hal yang harus Anda prioritaskan di sini. Pertama adalah investasi untuk biaya pendidikan anak dan yang kedua adalah asuransi pendidikan.

  1. Pilihlah asuransi pendidikan yang sesuai dengan perencanaan Anda

Hal ketiga yang harus dipertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan untuk anak adalah memilih jenis asuransi pendidikan yang sesuai dengan perencanaan yang telah Anda lakukan. Ketika Anda sudah mendapatkan dana untuk asuransi pendidikan, maka Anda harus memiliki dana yang diprioritaskan untuk membayar premi dari asuransi yang Anda pilih. Dalam hal ini, Anda harus memilih produk asuransi pendidikan anak yang sesuai.

Jika dana yang Anda miliki sangat terbatas, maka Anda harus menggunakan pertanggungan dengan premi yang lebih murah. Jika Anda memiliki dana yang lebih, Anda bisa menggunakan program pendidikan jangka panjang. Ketika Anda memilih jenis asuransi pendidikan, maka pastikanlah Anda telah mempertimbangkan fasilitas, manfaat, kelebihan dan kekurangan dari perusahaan asuransi yang telah Anda pilih. Setelah itu, pastikan premi yang dipilih sesuai dengan keadaan finansial Anda. Pastikan pula Anda sudah memahami dengan jelas tentang penawaran asuransi dan mengetahui program yang ditawarkan sebelum Anda bertanda tangan.

  1. Pilih sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya dalam memilih asuransi pendidikan adalah dengan benar-benar mempertimbangkan sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan Anda. Dalam asuransi pendidikan untuk anak, sesuaikanlah dengan kebutuhan dan kemampuan finansial bagi keluarga Anda. Setiap produk pastilah memiliki kelebihan dan kelemahan. Tidak ada suatu produk yang sempurna. Itulah mengapa Anda harus mempertimbangkan dengan benar tentang produk yang akan Anda pilih.

Semua resiko mungkin akan terjadi di masa yang akan datang. Oleh karena itu, produk asuransi akan menjadi sempurna jika produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Maka pastikanlah Anda tidak terburu-buru dalam memilih jenis produk asuransi yang ditawarkan. Jika terburu-buru, maka hasil yang didapatkan mungkin saja tidak sesuai dengan rencana.

Demikianlah beberapa tips penting yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih produk asuransi pendidikan terbaik untuk Anak. Putra dan putri Anda merupakan generasi penerus bangsa yang harus disukseskan dalam dunia pendidikannya.

Jangan sampai anak Anda putus sekolah ketika Anda tidak mampu lagi membiayainya. Pastikan mereka dapat bersekolah tinggi dan meraih cita-citanya. Berikan bekal putra putri Anda dengan pendidikan. Pastikan mereka mengenyam pendidikan sebaik-baiknya. Maka, rencanakanlah produk asuransi pendidikan paling tepat dan efisien untuk kebutuhan pendidikan masa depan bagi anak.

Leave a Reply