Silakan tunggu 5 detik...

Pengertian dan Jenis Asuransi Perjalanan Terbaik


Asuransiku.info – Asuransi adalah hal yang penting untuk dimiliki oleh semua orang. Salah satu jenis asuransi yang penting untuk dimiliki adalah asuransi perjalanan. Saat ini, banyak sekali jenis asuransi yang ditawarkan. Asuransi yang ditawarkan adalah untuk memberikan perlindungan kepada masing-masing pemiliknya.

Jika ditanya, setiap orang pasti tidak mau sampai menggunakan asuransi perjalanannya. Namun, kita tidak tahu apa yang akan terjadi saat perjalanan. Kecelakaan yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki asuransi perjalanan yang paling terpercaya. Dengan demikian, Anda akan merasa selalu terlindungi selama di perjalanan.

Pengertian dan Jenis Asuransi Perjalanan Terbaik

Pengertian Asuransi Perjalanan

Pengertian asuransi perjalanan adalah asuransi yang diperuntukkan oleh orang-orang yang sedang melakukan perjalanan. Perjalanan yang dimaksud bisa saja perjalanan dekat, perjalanan jauh, perjalanan di dalam negeri, maupun perjalanan domestik. Sangat penting bagi setiap orang yang ingin melakukan perjalanan memiliki asuransi jenis ini.

Asuransi ini adalah jenis asuransi yang bisa digunakan untuk seseorang yang mengalami kondisi darurat selama berada di perjalanan. Jika terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan terjadi, maka asuransi ini bisa menjadi solusi untuk Anda. Oleh karena itu, asuransi perjalanan memang memiliki sifat yang sangat penting.

Karena sifatnya penting, Anda harus memperhatikan asuransi ini sebelum memulai perjalanan. Jika asuransi ini telah Anda persiapkan dengan baik, maka perjalanan Anda akan terasa lebih aman, nyaman, dan pastinya lebih menyenangkan tanpa rasa was-was yang mengganggu Anda. Lebih dari itu, banyak manfaat dari asuransi perjalanan. Berikut diantaranya.

  1. Anda akan mendapatkan perlindungan dari resiko kecelakaan yang terjadi
  2. Mendapatkan penggantian biaya untuk pengobatan darurat
  3. Mendapatkan perlindungan ganda dalam sebuah kecelakaan pesawat komersial yang memang sudah terjadwal
  4. Mendapatkan biaya pemulangan jenazah ketika resiko kematian terjadi
  5. Mendapatkan biaya evakuasi medis
  6. Mendapatkan biaya perawatan anak
  7. Mendapatkan perlindungan untuk bagasi dan barang pribadi
  8. Mendapatkan perlindungan untuk rumah Anda

Begitu besarnya manfaat dari asuransi perjalanan sehingga sangat penting bagi Anda untuk mempertimbangkan hal ini. Untuk itu, Anda harus memilih jenis asuransi yang paling baik untuk digunakan. Terdapat beberapa jenis asuransi untuk perjalanan yang bisa digunakan. Berikut beberapa diantaranya

4 Jenis Asuransi Perjalanan Terbaik di Indonesia

Asuransi perjalanan terbaik harus Anda pilih agar Anda mendapatkan jaminan sesuai dengan yang Anda inginkan. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa jenis asuransi perjalanan yang bisa dipilih sesuai dengan kriteria Anda. Anda bisa menyimak beberapa jenis asuransi untuk perjalanan berikut ini.

  1. Berdasarkan jangka waktu perjalanan

Jika dilihat berdasarkan jangka waktu perjalanan yang akan dilakukan, maka terdapat da versi asuransi perjalanan yang bisa dipilih. Pertama adalah asuransi tahunan dan asuransi perjalanan sekali.

  1. Asuransi tahunan

Asuransi tahunan atau annual travel adalah asuransi yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan selama beberapa kali dalam setahun. Dengan menggunakan asuransi ini, Anda akan bisa menikmati jaminan perjalanan selama setahun dalam melakukan perjalanan ke manapun.

  1. Asuransi perjalanan sekali

Asuransi perjalanan sekali ini sangat cocok dan efektif digunakan untuk Anda yang hanya ingin melakukan sekali perjalanan saja. Jika Anda tidak merencanakan bepergian beberapa kali dalam satu tahun, jenis asuransi ini bisa Anda coba. Jika dalam satu tahun Anda ingin melakukan perjalanan entah itu adalah perjalanan untuk liburan ataupun untuk kepentingan pekerjaan atau dinas, maka sebaiknya Anda memilih asuransi tahunan.

  1. Berdasarkan Tujuan Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan berikutnya bisa dipilih berdasarkan tujuan dari perjalanan yang Anda lakukan. Ada banyak tujuan seseorang melakukan perjalanan. Contohnya saja untuk sekadar liburan ataupun untuk melakukan perjalanan dinas. Oleh karena itu, Anda bisa memilih jenis asuransi yang sesuai dengan perjalanan yang akan Anda lakukan. Terdapat dua pilihan asuransi yang bisa dipilih yaitu asuransi perjalanan bisnis serta asuransi perjalanan wisata.

  1. Asuransi perjalanan bisnis

Asuransi untuk perjalanan bisnis biasanya dipilih untuk Anda yang sering melakukan perjalanan bisnis. Manfaat dari asuransi ini adalah memberikan perlindungan untuk barang-barang yang Anda bawa. Lebih dari itu, asuransi untuk perjalanan bisnis ini juga bermanfaat untuk memberikan penggantian dari nilai barang-barang yang Anda bawa yang berkaitan dengan pekerjaan Anda.

  1. Asuransi perjalanan wisata

Asuransi perjalanan wisata diperuntukkan untuk Anda yang memiliki tujuan berwisata atau travelling. Jadi, asuransi perjalanan bisnis dan asuransi perjalanan wisata memang memiliki fungsi atau manfaat yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus memilih jenis asuransi sesuai dengan jenis perjalanan yang akan Anda lakukan.

  1. Berdasarkan jumlah yang tertanggung

Jika dilihat berdasarkan jumlah yang tertanggung, maka asuransi perjalanan dibedakan menjadi dua jenis yaitu asuransi untuk perlindungan seorang diri dan asuransi untuk perlindungan satu perusahaan.

  1. Asuransi individu

Jika perjalanan yang sering Anda lakukan adalah perjalanan individu, maka jenis asuransi yang bisa Anda pilih adalah asuransi individu. Asuransi ini akan memberikan perlindungan kepada Anda pribadi dalam melakukan perjalanan yang Anda lakukan.

  1. Asuransi group atau kelompok

Perjalanan kedua yang dapat Anda pilih adalah asuransi group atau asuransi kelompok. Asuransi jenis ini digunakan untuk perjalanan yang diikuti oleh banyak orang, misalnya saja satu perusahaan. Biasanya, asuransi ini digunakan oleh perusahaan atau sekolah yang akan melakukan perjalanan.

  1. Berdasarkan tempat tujuan

Jika dilihat dari tujuan perjalanan yang Anda lakukan, asuransi dibedakan menjadi asuransi domestik dan asuransi internasional. Ini sangat berpengaruh terhadap jumlah dari premi yang akan Anda bayarkan. Jika dibandingkan dengan perjalanan domestik, asuransi internasional memiliki premi yang lebih mahal untuk dibayarkan. Hal ini dikarenakan asuransi ini menggunakan kurs dari negara yang akan dikunjungi dalam menentukan beban premi yang harus dibayarkan. Meskipun asuransi ini menanggung segala resiko yang terjadi pada pemiliknya, pada beberapa jenis kondisi asuransi tidak akan menanggungnya. Kondisi yang dimaksudkan adalah seperti di bawah ini.

  1. Kecelakaan yang disengaja
  2. Sakit sebelum memulai perjalanan
  3. Hamil dan keguguran
  4. Kecelakaan akibat alkohol dan obat-obatan
  5. Kondisi force majure. Ini merupakan di luar batas kemampuan. Jadi, hindarilah bepergian ke negara yang sedang memiliki konflik
  6. Terlibat dalam kejuaraan internasional

Jadi, itulah beberapa jenis asuransi untuk perjalanan yang ada di Indonesia. Seperti yang sudah dijalaskan, asuransi bisa dipilih dan dibedakan berdasarkan jenis perjalanan yang akan Anda lakukan. Pastikan Anda sudah paham terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih asuransi.

Demikianlah penjelasan tentang pengertian asuransi perjalanan dan jenis-jenis asuransi untuk perjalanan yang ada di Indonesia. Baik untuk perjalanan yang dekat maupun perjalanan yang jauh, asuransi ini sangat diperlukan. Dengan menggunakan asuransi perjalanan, Anda akan merasa nyaman, aman, dan terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berada di dalam perjalanan. Pilihlah asuransi yang paling tepat untuk Anda. Jangan sampai Anda salah dalam memilih asuransi karena ini berkaitan dengan perlindungan yang Anda dapatkan dan premi yang harus dibayarkan.