Silakan tunggu 5 detik...

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor


Asuransiku.info – Dalam hal kesehatan, perjalanan, ataupun kepemilikan kendaraan bermotor, asuransi memang sangat diperlukan. Jika Anda memiliki kendaraan, asuransi kendaraan bermotor sangat penting untuk Anda miliki. Terdapat banyak jenis dari asuransi kendaraan bermotor. Asuransi jenis ini juga memiliki manfaat yang sangat banyak.

Di era yang sudah modern ini, memiliki kendaran adalah hal yang sangat wajar. Banyak orang yang memiliki kendaraan bermotor, bahkan lebih dari satu. Itulah mengapa asuransi kendaraan motor sangat penting untuk dimiliki. Banyak manfaat yang bisa didapatkan seperti perlindungan terhadap kendaraan bermotor Anda.

Dalam memilih jenis asuransi kendaraan, terdapat beberapa pertimbangan penting yang harus Anda lakukan. Tanpa pertimbangan yang matang, maka sulit bagi Anda untuk mendapatkan jenis asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jadi, simaklah beberapa cara untuk memilih asuransi kendaraan bermotor terbaik untuk Anda.

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Tips Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor

Untuk memilih asuransi kendaraan terbaik, beberapa hal penting harus Anda pertimbangkan. Terlebih lagi untuk Anda yang belum pernah menggunakan jenis asuransi ini. Oleh karena itu, simaklah tips penting yang harus dilakukan dalam memilih jenis asuransi kendaraan bermotor.

  1. Sesuaikan dengan jenis kebutuhan Anda

Tips pertama yang harus dilakukan dalam memilih asuransi kendaraan bermotor adalah menyesuaikan dengan jenis kebutuhan yang ingin Anda dapatkan. Jika Anda ingin mendapatkan asuransi mobil terbaik, Anda juga harus melihat umur dari kendaraan Anda serta kondisi mobil milik Anda. Dengan mengetahui kondisi kendaraan serta umur dari kendaraan yang Anda miliki, hal ini akan lebih mudah bagi Anda untuk menentukan jenis asuransi yang akan Anda pilih. Untuk informasi bagi Anda, terdapat dua jenis asuransi kendaraan mobil yang bisa Anda pilih.

  1. Asuransi all risk

Untuk jenis asuransi mobil all risk termurah adalah asuransi kendaraan yang sangat penting untuk mobil dengan usia 0 hingga usia 10 tahun. Pada umur ini, kendaraan terbilang masih baru dan masih mulus. Itulah mengapa Anda memerlukan perlindungan asuransi all risk. Dengan menggunakan produk asuransi ini, Anda akan mendapatkan perlindungan perbaikan di bengkel. Selain itu, bentuk perlindungan lain dari asuransi all risk adalah kerusakan akibat tergelincir, terbalik, kebakaran, ataupun terperosok.

  1. Asuransi Lost Only

Sesuai dengan namanya, asuransi kendaraan bermotor lost only adalah jenis asuransi kendaraan berkaitan dengan kehilangan total. Asuransi ini dapat diklaim jika Anda mengalami kehilangan total. Contohnya saja, Anda kehilangan total akibat pencurian kendaraan. Asuransi ini sangat diperlukan untuk Anda yang memiliki kendaraan dengan usia 10 hingga 15 tahun. Pada umur ini, kendaraan Anda sudah tidak semulus kendaraan ketika baru membelinya. Kelebihan dari asuransi ini dibandingkan dengan asuransi all comprehensive adalah premi yang lebih murah. Premi asuransi all risk akan lebih tinggi dibandingkan dengan premi asuransi lost only.

  1. Lakukan perbandingan jenis asuransi

Tips kedua yang bisa Anda lakukan dalam memilih jenis asuransi kendaraan adalah membandingkan jenis asuransi yang ingin Anda pilih. Pastinya, Anda ingin mendapatkan jenis asuransi yang paling baik kan. Itulah mengapa Anda harus membandingkan jenis asuransi yang akan Anda pilih. Bandingkanlah tentang budget yang Anda miliki, bandingkan tentang premi yang akan dibayarkan, bandingkan pula tentang perusahaan yang Anda pilih apakah perusahaan tersebut resmi atau tidak. Untuk melakukan perbandingan jenis asuransi, Anda bisa langsung mendatangi kantor asuransi.

  1. Pertimbangkan saran

Dalam memilih asuransi kendaraan, sebaiknya pertimbangkan saran dari orang lain, terlebih lagi saran dari mereka yang lebih berpengalaman dalam menggunakan asuransi kendaraan. Baik memilih kendaraan mobil ataupun truk, Anda harus memilih dealer yang tepat. Jika Anda bingung untuk memilihnya, Anda dapat meminta bantuan dari rekan Anda. Carilah beberapa jenis perusahaan asuransi yang baik dan terpercaya yang direkomendasikan oleh teman Anda. Setelah mendapatkan rekomendasi tersebut, Anda bisa langsung mendatangi kantor asuransi yang direkomendasikan. Selain itu, Anda juga bisa browsing dan mencari rekomendasi lain sebagai pembanding dari asuransi yang direkomendasikan tersebut.

  1. Sesuaikan dengan kemampuan Anda

Harga asuransi mobil semakin hari semakin mahal saja. Pembayaran premi asuransi pun sesuai dengan jenis asuransi yang Anda pilih. Semakin baik jenis asuransi kendaraan yang Anda pilih, maka semakin mahal pula premi yang akan Anda bayarkan. Banyaknya perluasan terhadap perlindungan kendaraan bermotor tersebut membuat harga dari asuransi yang Anda pilih menjadi semakin meningkat.

Jangan sampai Anda sampai berhutang hanya untuk membayar asuransi. Sesuaikan jenis asuransi yang Anda pilih dengan kemampuan Anda dalam membayar asuransi tersebut. Namun, jangan pula tergiur dengan penawaran asuransi yang murah. Asuransi yang murah belum tentu memberikan jaminan kualitas yang baik. Bandingkan dulu harga dan kualitas dari asuransi yang Anda pilih dengan asuransi lainnya.

  1. Pahami jenis polis asuransi yang Anda pilih

Langkah kelima dalam memilih asuransi kendaraan adalah dengan memahami polis asuransi yang Anda pilih. Pastikan pula Anda mengetahui simulasi asuransi mobil yang akan Anda ikuti. Memahami jenis polis asuransi sangatlah penting untuk Anda lakukan. Cobalah untuk mengetahui poin-poin apa saja yang harus Anda pahami dengan baik. Memahami polis asuransi yang dipilih bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Terdapat beberapa huruf kecil dan kalimat panjang yang harus dipahami. Anda bisa meminta dummy polis atau merupakan kopian dari polis asuransi, terutama untuk Anda yang mengikuti asuransi dari perusahaan asing.

Beberapa poin yang harus dipahami dalam sebuah polis asuransi adalah sebagai berikut:

  1. Resiko yang dijamin

Anda harus memahami resiko yang dijamin dalam polis asuransi kendaraan bermotor. Contohnya saja polis dalam member pinjaman untuk mobil pengganti

  1. Risiko yang dikecualikan

Hal kedua yang harus Anda pahami adalah resiko yang dikecualikan. Hal ini akan membuat Anda tidak kecewa terhadap pelayanan asuransi yang didapatkan. Contoh pengecualian asuransi mobil yang biasa dilakukan adalah dalam pelajaran mengemudi, perlombaan balap mobil, dam masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Prosedur klaim asuransi

Hal lain yang harus benar-benar Anda pahami adalah bagaimana cara Anda dalam melakukan prosedur klaim. Mintalah kepada pihak asuransi tentang bagaimana cara untuk melakukan klaim ketika Anda ingin melakukan klaim. Sebaiknya Anda memilih perusahaan yang memberikan penanganan yang cepat dalam proses klaim. Kinerjanya yang cepat akan memberikan keuntungan tersendiri bagi Anda.

Demikianlah tips yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih asuransi kendaraan terbaik. Janganlah terburu-buru dalam memilih jenis asuransi. Jika Anda terburu-buru, maka Anda tidak akan mendapatkan jenis asuransi sesuai dengan impian Anda.

Lakukan beberapa pertimbangan penting dalam memilih jenis asuransi. Dengan melakukan langkah-langkah yang tepat dalam memilih jenis asuransi, maka Anda akan mendapatkan jenis asuransi terbaik untuk kendaraan Anda. Pastikan Anda menggunakan asuransi kendaraan untuk menjaga kendaraan Anda dari resiko yang tidak diinginkan.